Pura Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha

Padmasana itu menjulang tinggi dengan magahnya, Tintya, simbol Hyang Tunggal -Tuhan Yang Maha Esa yang terbuat dari emas itu, dapat dipandang jelas dari lapangan Puputan Badung. Namun pada tahun 1981, benda yang disucikan itu raib disatroni maling.

Itulah sejarah duka Pura Jagatnatha yang berdiri di JL Mayor Wisnu, di timur Lapangan Puputan Badung, sebelah utara Museum Bali, berhadapan dengan Markas Kodam IX/Udayana di pusat kota Denpasar. Oleh karena letaknya di jantung kota, maka tidak sulit menjangkau pura itu.

Pura itu, merupakan tempat pemujaan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Hyang Jagat Natha —Penguasa Jagat Raya. Kata “natha” dalam bahasa Sansekerta di samping berarti “raja’, juga “pertolongan” atau “perlindungan”.

Pemangku Pura, Ida Bagus Mangku Widianegara dari Gria Panti Denpasar menuturkkan, piodalan di pura ini digelar setiap tahun sekali, tepatnya pada Purnama Sasih Kelima. Adapun jenis upakara (sesajen) yang dipersembahkan umumnya NyaturRebah, Sedangkan di penataran Padmasana digelar Caru Rsi Gana. Seluruh biaya pujawali ditanggung Pemenntah Kota Denpasar, sebagai pengempon pura. Pemkot juga memberi sesari (honorariu) buat sekaa kidung dan dalang wayang kulit yang pentas tiap pumama. “Sebelum Kota Denpasar, pengempon pura ini adalah Pemerintah Propinsi Bali,” tutur Ida Bagus Widianegara.

Selain saat piodalan, umat yang datang dari mana-mana, pedek tanggil ke Pura Agung Jagatnatha seliap Purnama-Tilem. Umat juga melakukan persembahyangan saat hari-hari besar keagamaan seperti Galungan, Kuningan, Saraswati, Pagerwesi dan SiwaratrL Setiap Purnama-Tilem, persembahyangan di-puput Ida Pedanda Istri Manuaba Mas Sidanta dari Gria Panti. Sedangkan pada saat pujawali (nyejer selama tiga hari), di-puput oleh sejumlah sulinggih yang ada di Denpasar dan sekitarnya.

Categories: Pura-Pura di Bali | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: